Berhubung kemarin saya habis prakerin dan diharuskan membuat sebuah laporan tentang prakerin saya tersebut otomatis saya mencari referensi atau contoh beberapa laporan prakerin di internet ataupun di perpus sekolah dan isi dari beberapa contoh tersebut adanya daftar isi, begitu saya mencoba membuatnya ternyata sulit juga, kok titik-titiknya tidak lurus satu sama lain? Gimana caranya? Setelah saya searching di google akhirnya kini saya bisa membuatnya dan sekarang saya ingin berbagi kepada kamu. Langsung saja berikut adalah langkah-langkahnya . . .
1.    Buka MS. office word, disini saya menggunakan 2007. Pastikan “ruler” pada lembar kerja aktif. Jika belum aktif, aktifkan >>> pilih tab “view” lalu beri centang pada “ruler”.
Lihat pada gambar di bawah . . .


2.    Ketikkan “DAFTAR ISI”. Pada baris kedua, ketikkan “KATA PENGANTAR”
Pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, klik pada area batang ruler yang berwarna putih sehingga muncul tanda seperti huruf “L” berwarna hitam. Buatlah tanda tersebut sebanyak 2 buah, dan aturlah posisinya seperti pada gambar berikut . . .


3.    Selanjutnya klik dua kali tanda “L” yang pertama yang berwarna hitam di atas hingga muncul jendela Tab seperti gambar di bawah . . .

4.    Atur beberapa pilihan pada tab tersebut seperti ini . . .
“Tab stop position” abaikan
“Default tab stops” abaikan
“Alignment” klik Right
“Leader” pilih No.2

Klik Set
Lalu Klik OK 
Setelah itu, perhatikan bahwa tanda “L” yang pertama berganti posisi menjadi seperti “L” terbalik sebagaimana gambar berikut . . .

5.    Selanjutnya, masih pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, pada papan keyboard tekan tombol Tab, sehingga posisi kursor meloncat pada tanda “L” terbalik, Maka secara otomatis akan muncul titik-titik sebagaimana gambar berikut ini . . .

6.    Selanjutnya adalah tekan sekali lagi tombol Tab pada papan keyboard, sehingga kursor meloncat pada tanda L yang kedua, lalu isikan angka halaman untuk KATA PENGANTAR.
Selesai membuat titik-titik dan mengisi nomor halaman pada KATA PENGANTAR, selanjutnya tekan tombol enter, maka tanda L yang telah kamu buat pada langkah sebelumnya akan terbawa pada baris selanjutnya. Artinya, kamu tidak perlu lagi mengulangi langkah di atas, yang diperlukan adalah melanjutkan mengetik elemen dari DAFTAR ISI.

Selesai . . . semoga bermanfaat untuk kami semua . . .
SHARE THIS ON:

1 komentar:

 
Top