Android secara umum dikenal sebagai sistem operasi telepon selular yang berbasis Linux Kemudia siapa yang menciptakan Android? Mungkin sebagian sudah mengetahui bahwa Android adalah sebuah teknologi sistem operasi telepon selular yang ciptakan oleh Google. Tapi Android pertama kali dikembangkan oleh perusahaan telepon selular yang berlokasi di California, AS yaitu bernama Android Inc sejak tahun 2000.
Adroid di rilis pertama kali pada 5 Oktober 2007, hasil kerjasama Google Inc dan Android Inc, sebuah perusahaan baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel.
Posel pertama yang menggunakan Android sebagai OS nya adalah HTC Dream yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pertama kali OS Android rilis adalah Versi beta Android yaitu pada bulan November 2007, kemudian dilanjutkan dengan Versi komersial pertama nya yaitu Android 1.0 yang dirilis pada bulan September 2008. Sejak saat itu Android terus melakukan perkembangan dan perbaikan yang  dilakukan oleh Google dan Open Handset Alliance (OHA).

Macam-macam Versi OS Android

1. Android versi 1.0 Apple Pie (level API 1)
Android 1.0, versi komersial pertama dari perangkat lunak, dirilis pada 23 September 2008 yang memiliki kode nama Apple pie serta ukuran layar 320×480 HVGA. Android versi ini dilengkapi disupport oleh Google Mail Service dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.OS ini pertama kali hanya tersedia untuk perangkat HTC Dream. Produsen pertama yang menggunakan sistem operasi Android 1.0 adalah HTC Dream  pada Oktober 2008.

2. Android versi 1.1 Banana Bread (level API 2)
Pada tanggal 9 Februari 2009, update Android 1.1 dirilis yang memiliki kode nama Banana
bread serta ukuran layar 320×480 HVA, awalnya untuk HTC Dream saja. Android 1.1 yang dikenal sebagai "Petit Four" secara internal, meskipun nama ini tidak digunakan secara resmi. Pada update OS ini telah di perbarui perbaikan pada bug, dan mengubah API Android juga menambahkan beberapa fitur baru.


3. Android versi 1.5 CupCake
Cupcake adalah kue kecil yang sangat populer di seluruh dunia saat ini yang dibuat dalam wadah berbentuk cetakan dan biasanya disajikan dengan frosting di atasnya. 
Android versi 1.5 Cup Cake di rilis pada 30 April 2009, masih oleh Google Inc. Adroid ini dilengkapi software development kit dengan berbagai pembaharuan termasuk penambahan beberapa fitur antara lain yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube, upload gambar ke Picasa langsung dari telepon, serta mendapat dukungan Bluetooth A2DP. Konon Android 1.5 Cupcake ini seharusnya adalah versi 1.2, tetapi Google akhirnya memutuskan untuk membuat pembaharuan besar dan menghadirkan versi 1.5 dengan nama Cupcake.
Inilah awal dari penamaan versi Android dengan nama dessert atau makanan penutup.

4. Android versi 1.6 Donut
Donat adalah makanan atau kue dengan bentuk khas berupa lubang ditengah bentuk lingkarannya, kue yang populer dan turun temurun dikonsumsi di seluruh dunia.
Android versi 1.6 Donut di rilis pada 15 September 2009 menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibandingkan versi-versi sebelumnya. Update versi ini memperbaiki bug OS yang sering reboot dengan fitur foto dan video dari kamera antarmuka dan integrasi pencarian yang lebih baik. Versi ini juga menambahkan dukungan untuk ukuran layar yang lebih besar, dan diberi versi awal fitur navigasi turn-by-turn besutan Google.
Selain itu Android Donut memiliki fitur-fitur tambahan seperti galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus, kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan, Text-to-speech engine, kemampuan dial kontak, teknologi text to change speech. Android Donut juga dilengkapi  baterai indikator, dan kontrol applet VPN. Sony Xperia X10 adalah salah satu perangkat populer diversi android donut ini.

5. Android versi 2.0 - 2.1 Eclair
Eclair adalah makanan penutup yakni kue yang biasanya berbentuk persegi panjang yang dibuat dengan krim di tengah dan lapisan cokelat di atasnya.
Android versi 2.0 Eclair dirilis pada 26 Oktober 2009, dengan bugfix versi 2.0.1 pada Desember 2009 versi 2.1 dirilis pada Januari 2010. Perubahan yang ada antara lain adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Fitur utama Eclair yaitu perubahan total struktur dan tampilan user interface. 

6. Android versi 2.2 Froyo (Frozen Yogurt)
Froyo adalah kependekan dari Frozen Yoghurt. Frozen Yoghurt adalah yoghurt yang telah mengalami proses pendinginan, sehingga secara terlihat sama seperti es krim.
Android versi 2.2 Froyo dirilis pada 20 mei 2010. Adroid versi ini memiliki kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali dari versi-versi sebelumnya. Selain itu ada penambahan fitur-fitur baru seperti dukungan Adobe Flash 10.1,  intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

7. Android versi 2.3 Gingerbread
Gingerbread adalah kue yang terbuat dari jahe atau cookie dengan rasa khas jahe. Kue ini sering dibuat untuk merayakan liburan akhir tahun di AS dan biasanya dibuat seperti bentuk manusia atau boneka sering disajikan sebangai teman minum kopi.
Andoid versi 2.3 Gingerbread di rilis pada  6 Desember 2010. Pada 7 Desember 2010, Google secara resmi mengumumkan smartphone Nexus S yang dibuat oleh Samsung yang menjadi smartphone pertama dengan Android versi ini. Sedangkan versi 2.3.3 - 2.3.7 dirilis pada  Februari 2011. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), SIP internet calling, dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

8. Android versi 3.0 - 3.2 Honeycomb
Honeycomb adalah sereal manis yang populer sejak tahun 1965, berupa sereal jagung dengan rasa madu yang berbentuk sarang lebah.
Android versi 3.0 Honeycomb di rilis pada 22 Februari 2011 kemudian disusul dengan cepat  versi 3.1 pada 10 Mei 2011 dan versi 3.2 pada 15 Juli 2011. Merupakan versi Android yang dirancang khusus untuk device dengan layar besar seperti Tablet PC. Fitur baru yang ada pada Android Honeycomb antara lain yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah tablet Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011. Selain itu sebuah perangkat keras produksi Asus  bernama Eee Pad Transformer juga menggunakan OS Android honeycomb.

9. Android versi 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich)
Ice Cream Sandwich adalah lapisan es krim yang biasanya berupa vanila yang terjepit antara dua cookies coklat, dan biasanya berbentuk persegi panjang.
Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich dirilis pada 19 Oktober 2011 diumumkan secara resmi pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco), pihak Google mengklaim Android Ice Cream Sandwich akan dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet. Android Ice Cream Sandwich membawa fitur Honeycomb untuk smartphone serta ada penambahan fitur baru seperti membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung Galaxy Nexus. 

10. Android versi 4.1- 4.3 Jelly Bean
Jelly Bean adalah sejenis permen warna warni yang berbentuk kacang yang juga populer disebut kacang jeli. 
Android 4.1 Jelly Bean dirilis pada 9 juli 2012 diumumkan pada 27 Juni 2012 pada konferensi Google l/O. Versi ini adalah yang tercepat dan terhalus dari semua versi Android. Jelly Bean 4.1 meningkatkan kemudahan dan keindahan tampilan dari Ice Cream Sandwich dan memperkenalkan pengalaman pencarian Google yang baru di Android.
Android Jelly Bean 4.1 ini membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru, diantaranya peningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Versi ini juga dilengkapi Google Now yang dapat memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 pertama kali digunakan dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.
Android 4.2 Jelly Bean dirilis pada 13 November 2013 diumumkan pada 29 October 2013, versi ini menawarkan peningkatkan kecepatan dan kemudahan Android 4.1 serta mencakup semua fitur baru seperti Photo Sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (dalam tablet saja), widget terbaru dan desain baru aplikasi kamera, keyboard Gesture Typing, Google Now dan lainnya. Android 4.2 Pertama kali dikenalkan melalui LG Google Nexus 4.

11. Android ver 4.4 KitKat
Bagi Anda penggemar cokelat tentu tahu coklat KitKat. Salah satu merk cokelat populer yang dibuat oleh perusahaan Nestle dan sangat digemari oleh banyak orang di dunia. Android ver 4.4 KitKat dirilis pada 31 oktober 2013. Penamaan Android 4.4 dengan nama KitKat dikabarkan karena pihak Google bekerja sama dengan pihat Nestle walau pihak Google sepertinya menepis kabar tersebut. Berikut beberapa kelebihan dari Android 4.4 KitKat yaitu: Firmware yang bisa digunakan untuk smartphone lama, Pergantian Fragmentation atau ukuran tampilan layar, Miracast updates Gallery baru, Visualisasi API baruBoot animasi baru, pergantian warna logo Android berwarna biru serta Notifikasi widget baru. Inilah versi terakhir dari OS Android untuk saat ini dan kita tunggu saja kehadiran versi-versi yang selanjut nya.


Fakta Penamaan Android
Untuk merayakan tiap rilis versi baru dari Android, patung raksasa dari bentuk makanan penutup yang sesuai dengan nama tiap versinya selalu dibuat di halaman depan Google Campus untuk dipamerkan.
Selain itu, coba Anda perhatikan huruf pertama dari tiap penamaan versi Android yang berurutan sesuai abjad, yakni C,D,E,F,G,H,I,J,K.
SHARE THIS ON:

3 komentar:

 
Top